Rabu, 23 Oktober 2019

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janinnya


Untuk menjadi seorang ibu yang baik, maka diperlukan perhatian khusus terhadap kesehatan anaknya. Perhatian khusus perlu diberikan tidak hanya ketika sang anak sudah terlahir melainkan sejak masih dalam kandungan. Sebab, kesehatan sang janin di dalam rahim akan menentukan pula kesehatan sang anak nantinya dan sang ibu ketika mengandung.

Agar kesehatan ibu yang tengah hamil dan janinnya tetap terjaga, maka seorang ibu perlu berhati-hati. Karena, kesehatan tidak datang dengan sendirinya terlebih hanya dengan sekadar membeli multivitamin atau obat folamil genio dari apotik terdekat saja. Lebih dari itu, ada beberap hal yang perlu dilakukan sang ibu hamil agar kesehatannya dan kesehatan janinnya bisa terjaga. Berikut ini beberapa diantaranya :

Selalu jaga durasi dan kualitas tidur

Untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungannya, maka sang ibu juga membutuhkan istirahat yang cukup. Tidur jadi opsi istirahat terbaik karena mampu menjaga sistem metabolisme dalam tubuh agar tetap berjalan normal. Selain itu, tidur juga bisa membantu membuat tubuh kembali segar setelah beristirahat.

Agar seorang ibu hamil bisa memiliki tubuh yang sehat dari proses tidurnya, maka ia harus menjaga tidurnya agar tetap berkualitas. Tidur yang berkualitas berarti Anda memiliki durasi tidur yang cukup dan tidak terganggu selama tidur tersebut. Biasanya, orang dewasa membutuhkan setidaknya 6-8 jam untuk beristirahat setiap harinya. Atur waktu dan durasi tidur secara teratur agar sistem kerja tubuh bisa tetap bekerja secara normal dan membuat tubuh jadi terasa lebih sehat.

Hindari Produk berbahan kimia

Walaupun tengah mengandung dan punya bobot tubuh yang lebih besar dari biasanya, seorang ibu hamil tentu tetap ingin terlihat cantik saat beraktivitas. Penggunaan make up jadi pilihan terbaik agar dapat membuat wajah terlihat lebih menarik dengan riasan yang digunakan. Sayangnya, penggunaan make up punya dampak yang kurang baik terutama bagi ibu hamil dan janinnya.

Salah satu dampak yang kurang baik dari penggunaan make up selama masa kehamilan adalah bahan kimia yang digunakan dalam produk tersebut. Apabila dalam produk tersebut terkandung merkuri, AHA, dan retinoid maka sebaiknya hindari penggunaan produk tersebut terutama selama masa kehamilan. Sebab, dikhawatirkan bahan kimia dapat membahayakan kesehatan sang ibu dan janin yang ada di dalam kandungannya.


Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments: